Senin, 30 Juni 2014

PENDEKATAN INKUIRI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN INKUIRI
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                           : IV
Materi                           : Energi Panas dan Energi Bunyi

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1.      Menyebutkan sumber-sumber energi panas
2.      Memeragakan adanya perpindahan energi panas
3.      Menyebutkan sumber-sumber bunyi di sekitar
4.      Menjelaskan penyebab terjadinya bunyi
5.      Menunjukkan perambatan bunyi
6.      Menunjukkan pemantulan bunyi
7.      Mengidentifikasi berbagai macam sumber energi alternatif
8.      Menyebutkan contoh penggunaan energi alternatif
9.      Menjelaskan keuntungan penggunaan energi alternatif
10.  Membuat suatu karya untuk menunjukkan perubahan kursi gerak akibat pengaruh udara
11.  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik

   B.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru memasuki ruangan dengan mengucapkan salam.
2.      Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama, agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.
3.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
4.      Guru menanyakan kehadiran siswa dengan mengecek daftar presensi dan mengisi daftar presensi siswa.
5.      Guru melakukan appresepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
6.      Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
7.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegitan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
8.      Guru bertanya kepada siswa apakah orang tua kalian mempunyai sepeda motor? Kemudian guru meminta siswa untuk mengamati sepeda motor
10 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Guru bertanya kepada siswa sebelum menyampaikan materi pembelajaran.
Apakah kalian pernah naik sepeda motor? coba kalian perhatikan! Jika sebelum bergerak, mesin sepeda motor akan selalu dingin. Setelah dikendarai beberapa saat, mesinnya akan terasa panas. Selama dikendari, mesin sepeda motor juga mengeluarkan bunyi. Seandainya tidak disi bensin, dapatkah sepeda motor begerak melaju, mesin-mesinya menjadi panas, dan mengeluarkan bunyi? (orientasi/observasi)
2.      Siswa diminta untuk menuliskan hasil dari perumusan masalah pertanyaan yang telah diberikan (merumuskan masalah)
3.      Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut. (menyusun hipotesis)
4.      Siwa diminta untuk mengumpulkan data dan informasi tentang pertanyaan dari guru (menyusun data)
5.      Siswa diminta maju kedepan untuk memberikan suatu jawaban atau memberikan sedikit ulasan mengenai pertanyaan yang disampaikan siswa sesuai dengan kejadian yang ia rasakan (menguji hipotesis)
6.      Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa
7.      Guru menyampaikan kembali tentang pertanyaan yang telah diberikan
8.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan memperhatikan
9.       Guru menyajikan kegiatan yang berkaitan dengan energi dan siswa diminta untuk mengamati kegiatan tersebut dan menuliskan hasilnya dilembar kerja yang disediakan
10.  Guru memberika fasilitas terhadap peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dengan kelompok dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru secara lisan maupun tertulis
11.  Guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa disertai pemberian penguatan.
12.  Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran. (kesimpulan)
40 menit
3.
Kegiatan Penutup
1.      Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes kepada siswa yang ada hubungannya dengan materi pelajaran yang telah dipelajari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Guru memberikan pekerjaan rumah untuk siswa mengenai pembelajaran tersebut sebagai pendalaman materi.
4.      Guru menginformasikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.      Bersama-sama siswa merefleksi hasil belajar pada hari ini
6.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
7.      Siswa berdoa bersama.
8.      Guru mengakhiri pelajaran dengan memberikan nasehat dan mengucapkan salam.
10 menit

1 komentar:

  1. Best Online Slots | Games with Best Bonuses - AprCasino.com
    As an independent provider of gaming solutions for the iGaming industry, we can deliver a range of casino and slots games on our platform. 카지노 사이트 운영

    BalasHapus