RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
PENERAPAN PEMBELAJARAN
PENDEKATAN INKUIRI
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
Materi : Energi Panas dan Energi Bunyi
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu :
1.
Menyebutkan
sumber-sumber energi panas
2.
Memeragakan
adanya perpindahan energi panas
3.
Menyebutkan
sumber-sumber bunyi di sekitar
4.
Menjelaskan
penyebab terjadinya bunyi
5.
Menunjukkan
perambatan bunyi
6.
Menunjukkan
pemantulan bunyi
7.
Mengidentifikasi
berbagai macam sumber energi alternatif
8.
Menyebutkan
contoh penggunaan energi alternatif
9.
Menjelaskan
keuntungan penggunaan energi alternatif
10. Membuat suatu karya untuk menunjukkan perubahan kursi
gerak akibat pengaruh udara
11. Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan
alat musik
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1. Guru memasuki ruangan dengan mengucapkan salam.
2. Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama, agar
kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.
3. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanyakan kabar mereka.
4. Guru menanyakan kehadiran siswa dengan mengecek
daftar presensi dan mengisi daftar presensi siswa.
5. Guru melakukan appresepsi sebagai awal komunikasi
guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
6. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
7. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan
yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dari kegitan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
8. Guru bertanya kepada siswa
apakah orang tua kalian mempunyai sepeda motor? Kemudian guru meminta siswa
untuk mengamati sepeda motor
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru bertanya kepada siswa sebelum menyampaikan
materi pembelajaran.
Apakah kalian pernah naik
sepeda motor? coba kalian perhatikan! Jika sebelum bergerak, mesin sepeda
motor akan selalu dingin. Setelah dikendarai beberapa saat, mesinnya akan
terasa panas. Selama dikendari, mesin sepeda motor juga mengeluarkan bunyi.
Seandainya tidak disi bensin, dapatkah sepeda motor begerak melaju,
mesin-mesinya menjadi panas, dan mengeluarkan bunyi? (orientasi/observasi)
2.
Siswa diminta untuk menuliskan hasil dari perumusan
masalah pertanyaan yang telah diberikan (merumuskan masalah)
3.
Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut. (menyusun hipotesis)
4.
Siwa diminta untuk mengumpulkan data dan informasi
tentang pertanyaan dari guru (menyusun data)
5.
Siswa diminta maju kedepan untuk memberikan suatu jawaban atau memberikan
sedikit ulasan mengenai pertanyaan yang disampaikan siswa sesuai dengan
kejadian yang ia rasakan (menguji
hipotesis)
6.
Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa
7.
Guru menyampaikan kembali tentang pertanyaan yang telah diberikan
8.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan memperhatikan
9.
Guru menyajikan kegiatan yang
berkaitan dengan energi dan siswa diminta untuk mengamati kegiatan tersebut
dan menuliskan hasilnya dilembar kerja yang disediakan
10. Guru memberika fasilitas terhadap peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi dengan kelompok dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru secara lisan maupun tertulis
11. Guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan siswa
tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa disertai pemberian penguatan.
12. Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman hasil
pembelajaran. (kesimpulan)
|
40 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes kepada siswa yang ada
hubungannya dengan materi pelajaran yang telah dipelajari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Guru memberikan pekerjaan rumah untuk siswa mengenai pembelajaran
tersebut sebagai pendalaman materi.
4.
Guru menginformasikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama
siswa merefleksi hasil belajar pada hari ini
6.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari
7.
Siswa
berdoa bersama.
8.
Guru
mengakhiri pelajaran dengan memberikan nasehat dan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
Best Online Slots | Games with Best Bonuses - AprCasino.com
BalasHapusAs an independent provider of gaming solutions for the iGaming industry, we can deliver a range of casino and slots games on our platform. 카지노 사이트 운영